Jumat, 17 Oktober 2014

Kebudayaan Barat VS Kebudayaan Timur


Kebudayaan adalah salah satu bentuk dimana dapat membedakan suatu khas atau ciri tertentu pada suatu Daerah. Kebudayaan juga sebagai penentu dan penunjang perkembangan suatu zaman. Perkembangan tersebut bisa seperti Teknologi, Transportasi, Seni, Kerajinan, Makanan, Gaya Hidup, Pergaulan, dll.
Kebudayaan Barat adalah suatu bentuk khas pemikiran manusia yang berasal dari negara-negara Eropa seperti Amerika Serikat, Australia, yang identik dengan sebuah kebebasan. Sedangkan Kebudayaan Timur adalah suatu bentuk khas dari sebuah wilayah yang disumbangkan oleh Negara-negara bagian timur seperti Indonesia, dimana sangat terkenal akan gotong royong, keramah tamahannya kepada orang lain.
Adapun proses sebuah Kebudayaan Barat dengan Timur itu berbeda-beda. Namun, tujuan mereka tetap sama yaitu untuk tetap mempertahankan, memajukan serta mengembangkan budaya nya masing-masing.
Ada beberapa hal yang dapat membedakan antara kebudayaan barat dengan kebudayaan timur, diantaranya :

1.       Waktu
Orang timur terkenal tidak menghargai waktu dan tidak bisa memanfaatkan waktu luang untuk mengisi kegiatan-kegiatan yang bermanfaat dan dapat memperoleh keuntungan. Mereka lebih mementingkan bermain dan hal tidak penting lainnya daripada harus belajar. Sedangkan orang barat, mereka cenderung lebih cekatan (cepat dan tanggap) terhadap waktu, dan merekapun dapat membagi waktu dengan sebaik-baiknya, dimana saatnya harus belajar, bekerja, atau bermain yang tak lain adalah untuk memperoleh keuntungan.

2.       Pendapat / Opini
Didalam beranggapan atau berargument ataupun dalam menyelesaikan sebuah masalah, Orang timur terlalu banyak kata-kata (opini) sehingga tidak bisa langsung kepada intinya (to the point) dan terkadang mereka cenderung memutar-mutarkan kalimat, padahal sebenarnya maksud dan tujuan mereka itu tidak serumit dengan apa yang mereka katakan. Sedangkan orang barat, mereka cenderung langsung kepada intinya sehingga lebih mudah dipahami oleh orang lain dalam memecahkan sebuah masalah.

3.       Hubungan
Jalinan hubungan orang timur memang sangat baik dan patut untuk di contoh orang lain, terlihat dari sosialisasinya antar individu satu dengan yang lain. Dengan demikian orang timur lebih cepat dan mudah untuk memahami karakter atau sifat seseorang serta lebih cepat mengenal orang yang belum dikenalinya. Sedangkan orang barat, mereka lebih kepada sifat individualisme nya dari pada menjalin hubungan antar sesama. Sehingga akan sulit baginya untuk dapat melakukan transaksi baik informasi maupun komunikasi dengan orang lain.

4.       Gaya Hidup
Orang Timur seperti Indonesia sangat senang terhadap kebersamaan, persahabatan maupun menjalin kekeluargaan, bahkan keakraban dan talisilaturrahmi nya antar sesama pun sangat erat hubungannya. Berbeda dengan Orang barat yang bersifat individualis, dimana mereka lebih suka melakukan segala sesuatu sendiri, dan mereka tidak ingin ada campur tangan orang lain.

5.       Terhadap Hal yang Baru
Khususnya orang timur, kalau mengetahui ada sesuatu hal yang lagi trend (booming) nya cenderung ingin memiliki dan memakainya, mereka lebih mengutamakan untuk memenuhi keinginannya dari pada kebutuhannya, hanya karena mereka tidak ingin dikatakan sebagai orang yang tidak gaul (ketinggalan jaman). Sangat berbeda dengan orang-orang barat yang lebih mementingkan sesuatu yang menjadi kebutuhannya dibandingkan keinginannya. Terhadap suatu hal yang barupun mereka hanya sekedar ingin tahu saja dan menganggap bahwa hal yang baru itu sudah biasa dijumpainya dan tidak perlu untuk harus menerapkannya kedalam kehidupan sehari-harinya.

6.       Trendi
Jika orang timur lebih suka dengan sesuatu yang sifatnya kebarat-baratan, justru orang barat itu lebih senang akan ciri khas tradisional atau kealamian kawasan Asia. Semisal : Mereka orang timur merasa gengsi jika belanja di Pasar atau tempat berbau tradhisional, mereka lebih memilih untuk belanja di Mall, Matahari, dll. Pun terhadap makanan, orang timur cederung  gengsi jika tidak makan di Restorant / KFC, padahal kalau di Negara asal orang barat, tempat dan makanan tersebut adalah biasa-biasa saja.

7.       Anak
Perlakuan Orang tua terhadap anaknya (orang timur) lebih dominan dalam memanjakan seorang Anak, apapun keinginan anak selalu dan selalu mereka turuti dan lakukan, sehingga sampai dewasa pun anak-anak tersebut tidak bisa mandiri (masih bergantung pada orang tuanya). Hal inilah yang dapat menyebabkan generasi-generasi muda semakin malas karena mereka tidak pernah berfikir kedepannya menjadi pribadi yang lebih baik, maju dan sukses dalam arti mandiri. Sebaliknya kalau orang barat khususnya buat orang tuanya yang condong lebih memikirkan masa depan anak-anak mereka agar menjadi orang sukses dan mandiri, sehingga perlakuan mereka terhadap anaknya pun dibatasi dalam memanjakannya. Karena mereka sekedar memberikan sesuatu yang memang itu dibutuhkan anaknya, kalaupun sang anak menginginkan sesuatu, orang tuapun tidak selalu memberikannya.

8.       Transportasi / Kendaraan
Semakin canggihnya Teknologi perkembangan zaman menyebabkan orang-orang timur yang dulunya khas terhadap Jalan kali dan naik sepeda hingga berkilo-kilo meter, sekarang menjadi anti terhadap hal itu, berbeda dengan orang-orang barat yang sekarang lebih suka Jalan kaki atau naik sepeda dibandingkan dengan naik Mobil, dan mereka terlihat happy, semata adalah untuk menjaga kesehatan mereka.

9.       Makanan
Kalau orang barat, makanan mereka dibedakan menjadi 3 yaitu makanan utama, makanan pembuka dan makanan penutup. Lain dengan orang timur dimana ketiga bagian makanan tersebut sebagai makanan utamanya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar